Judul Buku | : | PENDEKATAN ILMIAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013 | |
Pengarang | : | Abdul Majid dan Chaerul Rochman | |
Penerbit | : | Rosda | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 337 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15 x 24 cm | |
Berat | : | 500 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 78,000 | |
PENDEKATAN ILMIAH DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013
Pengarang: Abdul Majid dan Chaerul Rochman
Penerbit: Rosda
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
Kurikulum dan Pembelajaran Berbasis Kompetensi
Pembelajaran dan Pendekatan Saintifik
Penilaian Autentik
BAB 2 ORIENTASI KURIKULUM 2013
Rasional
Lanclasan
Elemen Kurikulum
Struktur Kurikulum SD/Ml
Struktur Kurikulum SMP/MTs
Struktur Kurikulum SMA/SMK
BAB 3 STANDAR PROSES PEMBELAJARAN
Belajar Sebagai Proses
Unsur-Unsur Kegiatan Belajar
Kondisi Peristiwa Belajar
Pembelaaran yang Berorientasi pada Standar Proses
BAB 4 PENDEKATAN SCIENTIFIC (ILMIAH) DALAM PEMBELAJARAN
Pengertian
Esensi Pendekatan Ilmiah
Pendekatan Ilmiah dan Nonilmiah dalam Pembelajaran
Unsur-Unsur Pembelajaran dengan Pendekatan Ilmiah
Sintaks Model Pembelajaran Saintifik Proses
Implementasi Model, Prinsip Reaksi, Sistem Lingkungan, dan Dampak Model Pembelajaran Saintifik Proses
BAB 5 PEMBELAJARAN TEMATIK INTEGRATIF
Rasional
Konsep Dasar
Pengertian
Lanclasan Pembelajaran Tematik
Prinsip Pembela aran Tematik Integratif
Elemen-Elemen Terkait dalam Pembelajaran Tematik Integmtif
Karakteristik Pembelajaran Tematik
Rambu-Rambu Pembelajaran Tematik
Manfaat Pendekatan Tematik Integratif
Kekuatan dan Keterbatasan Pembelajaran Tematik
Model-Model Pembelajaran Integratif
Tahapan Pembelajaran Tematik Integratif
BAB 6 PEMBELAJARAN KONSTRUKTIF DAN REFLEKTIF
Pembelajaran Konstrukdf
Model Pembelajaran Reflekdf
BAB 7 PEMBELAJARAN EXPERIENCE DAN KONTEKSTUAL
Pembelajaran Experience
Pembelajaran Kontekstual
BAB 8 PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH DAN PROYEK
Pembelajaran Berbasis Masalah
Pembelajaran Berbasis Proyek
BAB 9 PEMBELAJARAN TUNTAS (MASTERY LEARNING)
Pendahuluan
Asumsi Dasar Belajar Tuntas
Sistem Belajar Tuntas
Perbedaan antara Pembelajaran Tuntas dengan Pembelajaran Konvensional
Indikator Guru dalam Melaksanakan Pembelajaran Tuntas
Pelaksanaan Program Remedial, Pengayaan, dan Percepatan
BAB 10 KOMUNIKASI PEMBELAJARAN
Komunikasi dan Pembelajaran
Proses Komunikasi dalam Pembelajaran
Pola Komunikasi
Komunikasi Efelctif dalam Pembelajaran
Strategi Komunikasi Pembelajaran
BAB 11 PEMBELAJARAN KOOPERATIF
Pengantar
Pengertian
Tujuan dan Manfaat Model Pembelajaran Kooperatif
Ciri-Ciri Pembelajaran Kooperatif
Strategi Pembelajaran Kooperatif
Metode Pembelajaran Kooperatif
BAB 12 MERANCANG LEMBAR KERJA DAN BUKU PENGHUBUNG PENDIDIKAN
Merancang Lembar Keda
Buku Penghubung Pendidikan
BAB 13 PENGEMBANGAN SILABUS DAN RPP
Silabus
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP)