Judul Buku | : | BUKU DETEKSI DAN PENANGAN ANAK CERDAS ISTIMEWA (ANAK GIFTED) | |
Pengarang | : | Julia Maria van Tiel dan Endang Widyorini | |
Penerbit | : | Prenada | |
Cetakan | : | Ke-1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 184 hlm | |
Kertas Isi | : | CD | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 13 x 20 cm | |
Berat | : | 300 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 60,000 | |
DETEKSI DAN PENANGAN ANAK CERDAS ISTIMEWA (ANAK GIFTED)
Pengarang: Julia Maria van Tiel dan Endang Widyorini
Penerbit: Prenada
DAFTAR ISI
BAB 1 PEMAHAMAN CERDAS ISTIMEWA
Cerdas istimewa: apakah itu?
Deteksi saat balita
Berbagai istilah
Cerdas istimewa adalah potensi bawaan
Prestasi cerdas istimewa tidak dapat berkembang begitu saja
Perlu dukungan
BAB 2 MODEL PEMAHAMAN CERDAS ISTIMEWA
Sejarah perkembangan
Konsep cerdas istimewa dalam pendidikan
BAB 3 TUMBUH KEMBANG DAN KEPRIBADIAN
Apa yang dimaksud dengan tumbuh kembang?
Perkembangan visual-spatial pada anak cerdas istimewa Perkembangan enam tahun pertama
Usia sekolah dasar (6-12 tahun)
Usia sekolah lanjutan (12-18 tahun)
BAB 4 GAYA BERPIKIR DAN MODEL PEMBELAJARAN
Gaya berpikir (cognitive style)
Cara berpikir auditory learner vs. visual-spatial learner
Deteksi dan kembangkan
BAB 5 CERDAS ISTIMEWA DAN PERMASALAHANNYA
Masalah terbanyak di usia muda
Berbagai faktor yang dapat berpotensi menjadi masalah
BAB 6 MOTIVASI
Apakah motivasi itu?
Motivasi tinggi
Meningkatkan motivasi
Faktor penyebab kemerosotan motivasi
Mengatasi motivasi rendah
Masalah kerja berlebihan (workaholic) pada anak cerdas istimewa
BAB 7 MASALAH BELAJAR DAN PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL
Masalah yang berpengaruh pada proses belajar
Sosial emosional anak cerdas istimewa
Kenali dirinya, dan latih mengenali diri sendiri
Hukuman baginya hanya akan memperbesar masalah
Kerja sama antara guru (pihak sekolah) dan orangtua