Judul | : | BUKU REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Muhaimin, M.A. | |
Penerbit | : | Rajawali Pers | |
Cetakan Ke | : | Ed. 1 | |
Tahun Terbit | : | 2009 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 346 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 14 x 20 cm | |
Berat | : | 400 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 71,000 | |
REKONSTRUKSI PENDIDIKAN ISLAM
Pengarang: Prof. Dr. Muhaimin, M.A.
Penerbit: Rajawali Pers
DAFTAR ISI:
BAB 1 PENDULUAN
BAB 2 REAKTUALISASI DAN REPOSISI PENDIDIKAN ISLAM DALAM MERESPONS TANTANGAN DUNIA PENDIDIKAN
Prolog
Hakikat pendidikan islam
Tantangan dunia pendidikan
Reaktulisasi pendidikan islam dalam merespons tantangan dunia pendidikan
Reposisi pendidikan islam dalam merespons tantangan dunia pendidikan
Epilog
BAB 3 MENCERMATI MODEL-MODEL PENGEMBANGAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH/ PERGURUAN TINGGI
Prolog
Pendidikan agama islam dalam sorotan
Model-model pengembangan PAI di sekolah/ perguruan tinggi umum
Epilog
BAB 4 PERBANDINGAN PENDIDIKAN ISLAM DI INDONESIA
Integrasi sistem pendidikan islam ke dalam sistem pendidikan nasional
Wacana pendidikan islam yang berkembangan dalam literatur kependidikan islam
BAB 5 MEMADUKAN SEKOLAH DAN PESANTREN SEBAGAI UPAYA MEMBANGUN AKHLAK YANG MULIA
Memahami makna sekolah terpadu
Profil lulusan sekolah terpadu
Pengembangan sekolah terpadu dalam menatap peradaban global
Pendekatan tasawuf sebagai upaya membangun akhlak yang mulia
BAB 6 PENGEMBANGAN INTERELASI PAI DAN PKN DI MADRASAH
Pentingnya interelasi PAI dan PKN di madrasah
Interelasi PAI dengan mata pelajaran lain
Landasan pengembangan interelasi PAi dan PKN
Pearadigma model interelasi PAI dan PKN
Implikasinya terhadap penyiapan guru
BAB 7 PENGEMBANGAN KURIKULUM FAKULTAS TARBIYAH: SUATU UPAYA DINKRONISASI DENGAN KEBIJAKAN PENDIDIKAN NASIONAL
Diversifikasi dan fleksibilitas dalam pengembangan kurikulum
Kerangka teoretik pengembangan kurikulum
Pengembangan silabus dan rencana pelaksanaan pembelajaran
Implementasi kurikulum dan problematikanya
BAB 8 ANALISIS KRITIS TERHADAP STANDAR KOMPETENSI LULUSAN DAN STANDAR ISI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SD/MI. SMP/MTs DAN SMA/MA
Latar belakang
Metode analisis kritis
Deskripsi dan analisis kritis
BAB 9 TANTANGAN FAKULTAS/ JURUSAN TARBIYAH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI ERA OTONOMI DAERAH
Mencermati perkembangan PTAI
Problem pendidikan agama islam di tengah budaya modern
Pernana fakultas/jurusan tarbiyah program studi PAI dalam menatap otonomi daerah
BAB 10 PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKSTUAL DALAM PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SEKOLAH
Porsi dan posisi pendidikan agama islam di sekolah
Pembelajaran berbasis kontektual implementasinya dalam PAI di sekolah
BAB 11 STRATEGI BARU PEMBELAJARAN PADA PERGURUAN TINGGI ISLAM DI ERA MULTIKULTURAL: BIDANG ILMU-ILMU AGAMA SERTA AL-QUR’AN DAN HADIS
Pentingnya pembelajaran ilmu-ilmu agama islam berbasis multikultural
Pembelajaran ilmu-ilmu agama islam berbasis multikultural
BAB 12 PENGEMBANGAN BUDAYA AGAMA DALAM KOMUNITAS SEKOLAH: UPAYA PEMBINAAN PERILAKU DAN MENTALITAS BEING RELIGIUOS
Pengertian dan pentingnya pengembangan pendidikan agama islam sebagai budaya sekolah
Kesadaran pluralisme pendukung utama pengembangan budaya agama dalam komunitas sekolah
Strategi pengembangan budaya agama dalam komunitas sekolah