Judul | : | BUKU BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PAILKEM | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Hamzah, B. Uno, M.Pd. | |
Penerbit | : | Bumi Aksara | |
ISBN | : | 978-602-217-127-0 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 3 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xii + 344 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 23 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 99.000 | |
BELAJAR DENGAN PENDEKATAN PAILKEM (Pembelajaran Aktif Inovatif Lingkungan Kreatif Efektif Menarik)
Pengarang : Prof. Dr. Hamzah B. Uno, M.Pd. & Nurdinm Mohammad, S.Pd., M.Si.
Penerbit : Bumi Aksara
DAFTAR ISI :
BAB 1. KONSEP DASAR STRATEGI PEMBELAJARAN YANG BERCIRIKAN PAILKEM
A. Pendahuluan
B. Hakikat Strategi Pembelajaran
C. Berbagai Pendapat tentang Strategi Pembelajaran
D. Hubungan antara Strategi, Tujuan, dan Metode Pembelajaran
E. Perbedaan antara Strategi, Metode, dan Teknik Pembelajaran
F. Strategi Pembelajaran PAILKEM
G. Rangkuman
H. Latihan
BAB 2. KOMPONEN DAN KRITERIA PEMILIHAN STRATEGI PEMBELAJARAN
A. Komponen Strategi Pembelajaran
B. Kriteria Pemilihan Strategi Pembelajaran
C. Pendekatan Inovatif dalam Strategi Pembelajaran
D. Mendorong Siswa Belajar secara Aktif
BAB 3 KEBUTUHAN BELAJAR DAN TUJUAN PEMBELAJARAN
A. Mengapa Kita Memulai dengan Perancangan Pembelajaran?
B. Kapan Suatu Kebutuhan Dapat Dikatakan Bukan Kebutuhan atau Perancangan Pembelajaran?
C. Mengumpulkan Data untuk Membuktikan Adanya Suatu Kebutuhan
D. Memilih Judul dan Menetapkan Tujuan Pembelajaran
E. Prioritas dan Kendala
F. Deskripsi Taxonomi Tujuan Pembelajaran
G. Contoh Penulisan Tujuan dengan Kata-Kata Operasional
BAB 4. STRATEGI PEMBELAJARAN YANG AKTIF
A. Pendahuluan
B. Pembelajaran yang Aktif
C. Bagaimana Merancang Strategi Pembelajaran Aktif
D. Bagaimana Suasana Menerapkan Strategi Pembelajaran Aktif?
E. Bagaimana Menilai Siswa dalam Strategi Pembelayang AktiV
F. Metode Pembelajaran Apa yang Dapat Diterapkan Pembelajaran Aktif?
BAB 5. MODEL PEMBELAJARAN YANG INOVATIF
A. Pendahuluan
B. Pengertan Pembelajaran Inovatif
C. Model-Model Pembelajaran Inovatif
D. Penutup
BAB 6. PEMBELAJARAN YANG MEMANFAATKAN LIN KUNGAN SEBAGAI SUMBER BELAJAR
A. Pendahuluan
B. Hakikat Lingkungan
C. Pandangan tentang Belajar
D. Hakikat Pembelajaran
E. Upaya untuk Meningkatkan Motivasi Siswa Melalui Lingkungan
F. Kelebihan Konsep Pembelajaran dengan Menggunakan Lingkungan
G. Kelemahan Konsep Pembelajaran dengan Menggunakan Lingkungan
H. Simpulan
BAB 7. PEMBELAJARAN YANG KREATIF
A. Pendahuluan
B. Mengapa Guru Harus Kreatif?
C. Guru yang Kreatif
D. Upaya Menjadi Guru yang Kreatif
E. Guru Perlu Kreatif untuk Meredam Kebosanan
F. Kegunaan Guru yang Kreatif
G. Berpikir Lebih Kreatif
H. Penutup
BAB 8. PEMBELAJARAN YANG EFEKTIF
A. Pendahuluan
B. Pembelajaran Efektif
C. Prinsip-Prinsip, Belajar pada Pembelajaran Efektif
D. Beberapa Faktor yang Memengaruhi Keefektifan Belajar Siswa
BAB 9. PEMBELAJARAN YANG MENARIK
A. Pendahuluan
B. Pembelajaran yang Menarik
C. Mengapa Pembelajaran Harus Menarik
D. Model Pembelajaran yang Menarik
E. Kelemahan dan Kelebihan Mengenai Model Pembelajaran
F. Simpulan
BAB 10. MELIBATKAN KECERDASAN DALAM PEMBELAJARAN
A. Pendahuluan
B. Memahami Peserta Didik
C. Tahap-Tahap Perkembangan Peserta Didik
D. Tugas-Tugas Perkembangan Peserta Didik
E. Bakat dan Kecerdasan Peserta Didik
F. Tanda-Tanda Bakat Peserta Didik
G. Kecerdasan Peserta Didik
H. Identifikasi Potensi Peserta Didik
I. Proses Identifikasi Potensi Peserta Didik
J. Penutup
BAB 11. PEMBELAJARAN BERDASARKAN KEBUTUHAN ANAK
A. Pendahuluan
B. Fokus Kajian
C. Perbedaan Individual Anak Usia SD
D. Perbedaan pada Perkembangan Fisik
E. Perbedaan pada Perkembangan Intelektual
F. Perbedaan pada Perkembangan Moral
G. Perbedaan Kemampuan
H. Tes IQ
I. Pendidikan Khusus untuk Anak Cacat
J. Sikap Orang Tua dalam Membentuk Perbedaan Individu
K. Profit Guru dalam Menyikapi Perbedaan
L. Jerns-Jens Kebutuhan Anak Usia Sekolah Dasar
M. Penutup
BAB 12. PEMBELAJARAN YANG DAPAT MEMBANGKITKAN INOVASI BELAJAR SISWA
A. Pendahuluan
B. Inovasi Pembelajaran
C. Kategori Adopter secara Ideal
D. Pembelajaran Inovatif
E. Pendekatan Pembelajaran dengan Membangkitkan Inovasi Siswa
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
TENTANG PENULIS