Judul | : | BUKU PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU | |
Pengarang | : | Abdul Majid | |
Penerbit | : | Rosda | |
Cetakan Ke | : | Cet. 1 | |
Tahun Terbit | : | 2014 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 340 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 500 gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp 85.000 | |
PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Pengarang: Abdul Majid
Penerbit: Rosda
DAFTAR ISI
BAB 1 PENDAHULUAN
Rasional
Karakteristik perkembangan anak usia kelas awal SD
Cara anak belajar
Perkembangan kemampuan anak secara kognitif, afektif, dan psikomotor dalam proses belajarnya
Belajar dan pembelajaran bermakna
BAB 2 ORIENTASI KURIKULUM 2013 REAKTUALISASI KURIKULUM BERBASIS KOMPETENSI
Rasional
Kurikulum berbasis kompetensi
Orientasi kurikulum 2013
BAB 3 KURIKULUM TERPADU
Pengembanga kurikulum terpadu
Kajian teoretis dan empiris kurikulum tepadu
Klasifikasi kurikulum terpadu
Organisasi kurikulum
Model-model pembelajaran terpadu
BAB 4 KONSEP DASAR PEMBELAJARAN TEMATIK
Rasional
Pembelajaran tematik
Kekuatan dan keterbatasan pembelajaran tematik
BAB 5 TAHAPAN DASAR PEMBELAJARAN TEMATIK
Rasional
Pemetaan kompetensi dasar
Menentukan tema
Menetapkan jaringan tema KD/indicator
Penyusunan silabus
Penyusunan rencana pembelajaran
Pelaksanaan pembelajaran tematik
BAB 6 STRATEGI AN METODE PEMBELAJARAN TEMATIK
Makna strategi pembelajaran
Jenis-jenis strategi pembelajaran
Prosedur dan mekanisme perancangan pembelajaran tematik
Model fungsi dan peran guru dalam pembelajaran tematik
Metode dan teknik pembelajaran tematik
Pembelajaran kontekstual
BAB 7 IMPLIKASI PEMBELAJARAN TEMATIK
Peranan guru dalam pembelajaran
Implikasi bagi siswa
Implikasi terhadap sarana, prasarana, sumber belajar dan media
Implikasi terhadap pengaturan ruangan
Implikasi terhadap pemilihan metode
Implikasi terhadap penilaian
BAB 8 PENDEKATAN SCIENTIFIC (ILMIAH) DALAM PEMBELAJARAN TEMATIK TERPADU
Rasional
Esensi pendekatan ilmiah
Pendekata ilmiah dan non-ilmiah dalam pembelajaran
BAB 9 PENILAIAN OTENTIK
Pendahuluan
Asesmen otentik dan tuntutan kurikulum 2013
Asesmen otentik dan belajar otentik
Rubric dan tugas-tugas kinerja
Jenis-jenis asesmen otentik
Teknik dan instrument penilaian
Pengelolan hasil penilaian
Interpretasi hasil penilaian dalam menetapkan kutantasan belajar
Pemanfaatan hasil penilaian