Judul | : | BUKU PENGEMBANGAN PROFESI GURU | |
Pengarang | : | Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd. | |
Penerbit | : | Rosda | |
ISBN | : | 978-979-692-149-2 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 1 | |
Tahun Terbit | : | 2013 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | xviii + 326 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 15,5 x 24 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 70.000 | |
PENGEMBANGAN PROFESI GURU
Pengarang : Prof. Dr. H. Nanang Priatna, M.Pd.; Tito Sukamto,S.Pd
Penerbit : Rosda
Daftar Isi :
Bab 1. Aspek Penilaian Kinerja Guru
A. Memahami Penilaian Kinerja Guru
B. Aspek yang Dinilai dalam PK Guru
C. Penilaian Kinerja Guru Mata Pelajaran/Guru Kelas
D. Penilaian Kinerja Guru Bimbingan Konseling (BK)
E. Penilaian Kinerja Tugas Tambahan
F. Tim Penilai PK Guru
G. Waktu Penilaian
H. Cara Penilaian
Bab 2. Tahapan Pelaksanaan PK Guru
A. Tahap Persiapan
B. Penilaian
C. Konfirmasi Nilai
D. Tahap Pelaporan
E. Monitoring dan Evaluasi
F. Prinsip Pelaksanaan PK Guru
G. Hierarki Pelaksanaan PK Guru
Bab 3. Penilaian Unsur Kompetensi untuk Guru Mata Pelajaran/ Guru Kelas
A. Kompetensi 1: Mengenal Karakteristik Peserta Didik
B. Kompetensi 2: Menguasai Teori Belajar dan Prinsipprinsip Pembelajaran yang Mendidik
C. Kompetensi 3: Pengembangan Kurikulum
D. Kompetensi 4: Kegiatan Pembelajaran yang Mendidik
E. Kompetensi 5: Memahami dan Mengembangkan Potensi Peserta Didik
F. Kompetensi 6: Komunikasi dengan Peserta Didik
G. Kompetensi 7: Penilaian dan Evaluasi
H. Kompetensi 8: Bertindak Sesuai dengan Norma Agama, Hukum, Sosial dan Kebudayaan Nasional Indonesia
I. Kompetensi 9: Menunjukkan Pribadi yang Dewasa dan Teladan
J. Kompetensi 10: Etos Kerja, Tanggung Jawab yang Tinggi, Rasa Bangga Menjadi Guru
K. Kompetensi 11: Bersikap Inklusif, Bertindak Obyektif, serta Tidak Diskriminatif
L. Kompetensi 12: Komunikasi dengan Sesama Guru, Tenaga Kependidikan, Orang Tua, Peserta Didik, dan Masyarakat
M. Kompetensi 13: Penguasaan Mated Struktur Konsep dan Pola Pikir Keilmuan yang Mendukung Mata Pelajaran yang Diampu
N. Kompetensi 14: Mengembangkan Keprofesian Melalui Tindakan Reflektif
Bab 4. Penilaian Unsur Kompetensi Guru Bimbingan Konseling
A. Kompetensi 1: Menguasai Teori dan Praksis Pendidikan
B. Kompetensi 2: Mengaplikasikan Perkembangan Fisiologis dan Psikologis Berta Perilaku Konseli
C. Kompetensi 3: Menguasai Esensi Layanan BK dalam Jalur, Jenis, dan Jenjang Satuan Pendidikan
D. Kompetensi 4: Beriman dan Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa
E. Kompetensi 5: Menghargai dan Menjunjung Tinggi Nilai-nilai Kemanusiaan, Individualitas dan Kebebasan Memilih
F. Kompetensi 6: Menunjukkan Integritas dan Stabilitas Kepribadian yang Kuat
G. Kompetensi 7: Menampilkan Kinerja Berkualitas Tinggi
H. Kompetensi 8: Mengimplementasikan Kolaborasi Internal di Tempat Bekerja
I. Kompetensi 9: Berperan dalam Organisasi dan Kegiatan Profesi BK
J. Kompetensi 10: Mengimplementasikan Kolaborasi Antar Profesi
K. Kompetensi 11: Menguasai Konsep dan Praksis Penilaian (Assessment) untuk Memahami Kondisi, Kebutuhan, dan Masalah Konseli
L. Kompetensi 12: Menguasai Kerangka Teoretik dan Praksis BK
M. Kompetensi 13: Merancang Program BK
N. Kompetensi 14: Mengimplementasikan Program BK yang Komprehensif
O. Kompetensi 15: Menilai Proses dan Hasil Kegiatan BK
P. Kompetensi 16: Memiliki Kesadaran dan Komitmen terhadap Etika Profesional
Q. Kompetensi 17: Menguasai Konsep dan Praksis Penelitian dalam BK
Bab 5. Penilaian Unsur Kompetensi Tugas Tambahan
A. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Kepala Sekolah/ Madrasah
B. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Wakil Kepala Sekolah/Madrasah
C. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Kepala Perpustakaan
D. Kompetensi Tambahan sebagai Kepala Laboratorium/ Bengkel/Sejenisnya
E. Kompetensi Tugas Tambahan sebagai Ketua Program Keahlian
Bab 6. Sistem Perhitungan PK Guru
A. Perhitungan nilai PK Guru untuk Guru Mata Pelajaran/ Guru Kelas
B. Perhitungan nilai PK Guru untuk Guru Bimbingan Konseling (BK)/Konselor
C. Perhitungan Nilai PK Guru Tugas Tambahan
Bab 7. Penetapan Angka Kredit Guru
A. Tugas Pokok clan Fungsi Guru
B. Beban Kerja Guru
C. Jenjang Jabatan Fungsional Guru
D. Unsur Penilaian Angka Kredit
E. Rincian Kegiatan Guru clan Angka Kreditnya
F. Penetapan Angka Kredit Minimal
G. Persyaratan Angka Kredit untuk Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB)
H. Penetapan Angka Kredit untuk Guru Golongan II
I. Penetapan Angka Kredit Minimal untuk Guru Golongan II
Bab 8. Perhitungan Angka Kredit untuk Kenaikan Jenjang Jabatan
A. Pengklasifikasian Guru dalam Perhitungan Angka Kredit
B. Perhitungan Angka Kredit
C. Konversi Nilai PK GURU ke Angka Kredit
Bab 9. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
A. Pengertian Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan
B. Tujuan, Manfaat, dan Sasaran Kegiatan PKB
C. Penilaian Angka Kredit dan Kenaikan Pangkat
D. Karya yang dilakukan Secara Bersama
E. Publikasi Ilmiah/Karya Inovatif yang Dapat Dinilai
F. Perbedaan Kegiatan Pengembangan Profesi Berdasarkan Peraturan Lama dan Peraturan Baru
Bab 10. Pengembangan Diri
A. Pengertian Pengembangan Diri
B. Kegiatan Pengembangan Diri
C. Contoh Sampul Laporan Kegiatan Pengembangan Diri
Bab 11. Publikasi Ilmiah
A. Presentasi pada Forum Ilmiah
B. Publikasi Ilmiah Berupa Hasil Penelitian atau Gagasan Emu Bidang Pendidikan Formal
C. Publikasi Buku Teks Pelajaran, Buku Pengayaan, dan/ atau Pedoman Guru
Bab 12. Karya Inovatif
A. Menemukan Teknologi Tepat Guna (Karya Sains/ Teknologi)
B. Menemukan/Menciptakan Karya Seni
C. Membuat/Memodifikasi Alat Pelajaran/Peraga/Praktikum
D. Mengikuti Pengembangan Penyusunan Standar, Pedoman, Soal, dan Sejenisnya
Bab 13. Pelaksanaan Kegiatan PKB
A. Prinsip-prinsip Dasar Pelaksanaan Kegiatan PKB
B. Lingkup Pelaksanaan Kegiatan PKB
C. Peran Institusi dan Individu yang Terkait dalam Kegiatan PKB
D. Mekanisme Kegiatan PKB
E. Monitoring dan Evaluasi Kegiatan PKB
F. Format Isian dalam Kegiatan PKB
Bab 14. Penilaian Laporan Kegiatan PKB
A. Prinsip Penilaian Laporan Kegiatan PKB
B. Penolakan Laporan Kegiatan PKB
Penutup
Daftar Pustaka
Lampiran
Tentang Penulis