Judul | : | BUKU PSIKOLOGI PENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Dr. H. Mahmud | |
Penerbit | : | Pustaka Setia | |
ISBN | : | 978-979-076-097-4 | |
Cet / Edisi | : | Cet 1 | |
Tahun Terbit | : | 2010 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | 376 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 600 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 55.000 | |
Psikologi Pendidikan
Pengarang : Dr. H. Mahmud, M.Si.
Penerbit : Pustaka Setia
DAFTAR ISI
Bab I. Hakikat Psikologi Pendidikan
A. Pengertian Psikologi Pendidikan
B. Ruang Lingkup Psikologi Pendidikan
C. Pendekatan Psikologi Pendidikan
D. Kegunaan Psikologi Pendidikan
Bab II. Hakikat Manusia
A. Manusia dalam Pandangan Psikologi
1. Manusia menurut Aliran Behaviorisme
2. Manusia menurut Aliran Psikoanalisis
3. Manusia menurut Aliran Kognitif
4. Manusia menurut Aliran Humanistik
5. Manusia menurut Psikologi Islam
B. Faktor-Faktor Personal yang Memengaruhi Perilaku Manusia
1. Faktor Biologis
2. Faktor Sosiopsikologis
3. Faktor Situasional yang Memengaruhi Perilaku Manusia
1. Faktor Ekologis
2. Faktor Rancangan dan Arsitektural
3. Faktor Temporal
4. Teknologi
5. Lingkungan Psikososial
Bab III. Belajar
A. Pengertian dan Hakikat Belajar
B. Proses Belajar
C. Teori Belajar
D. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar
E. Berpikir sebagai Proses Belajar
Bab IV. Mengingat
A. Pengertian Ingatan
1. Jenis-jenis Ingatan
2. Proses Pembentukan Ingatan
3. Proses Pengodean Ingatan
B. Meningkatkan Ingatan
C. Prinsip Dasar dalam Mengingat
D. Strategi Mengingat Informasi yang Penting
E. Mempertahankan dan Memerkuat Ingatan
F. Pengaruh Obat, Alkohol, Nikotin, dan Teknologi terhadap Ingatan
G. Strategi Meningkatkan Ingatan
H. Lupa
Bab V. Pengetahuan
A. Pengertian
B. Teori Pengetahuan dalam Psikologi Islam
Bab VI. Mengenal Otak
A. Apakah Otak Itu?
B. Sel, Kemampuan Tumbuh, dan Fungsi Otak
C. Peta Otak
D. Neuron, Dendrit, Sel Glial, dan Sistem Penyelubungan
E. Pusat-pusat Kecerdasan pada Otak
F. Belahan Otak dan Fungsinya
G. Proses Penyimpan Informasi oleh Otak
H. Kebutuhan dan Nutrisi Otak
Bab VII. Guru dan Mengajar
A. Guru
1. Pengertian Guru
2. Kredibihtas Guru
3. Atraksi Fisik Guru
4. Kekuasaan Guru
B. Mengajar
1. Cara Pandang
2. Melibatkan Emosi dalam Mengajar
3. Bersimpatik kepada Peserta Didik
4. Menciptakan Keriangan
5. Mengakui dan Menghargai Kemampuan Siswa
6. Keteladanan (Modeling)
7. Keyakinan Dapat Mengajar
C. Trik dan Tips Mengajar
Bab VIII. Perkembangan
A. Pengertian Perkembangan
B. Ciri-ciri Perkembangan
C. Prinsip-prinsip dan Arah Perkembangan
D. Tahap-tahap Perkembangan
E. Tugas Perkembangan pada Setiap Tahapan
F. Perkembangan Kepribadian
G. Perkembangan Perilaku Konatif
H. Perkembangan Moralitas
I. Perkembangan Keagamaan
J. Faktor Keturunan bagi Perkembangan
K. Faktor Keluarga bagi Perkembangan
L. Faktor Lingkungan bagi Perkembangan
Bab IX. Konsep Diri (Self)
A. Pengertian Self
B. Kepribadian
C. Harga Diri (Self Esteem)
Daftar Pustaka