Pendidikan Remidial Sarana PEngembangan Mutu Sumber Daya Manusia
Penulis : Drs. H. Cece Wijaya
Penerbit : Rosda
Daftar Isi
Kata Pengantar
Bab 1 Pendahuluan
Bab 2 Karakteristik Sekolah yang Layak dalam Pendidikan Remedial
1. Pengetahuan, sikap, dan perilaku siswa
2. Peran sekolah, orang tua, dan masyarakat dalam program pendidikan remedial
3. Partisipasi, sikap guru, dan dampak instruksional terhadap pembaharuan pendidikan dan pengajaran
4. Reputasi sekolah
Bab 3 Tantangan, Krisis, dan Kesenjangan Belajar
1. Perubahan-perubahan masyarakat di bidang sosial, ekonomi, budaya, ilmu pengetahuan dan teknologi
2. Tantangan, krisis pendidikan dan kesenjangan belajar
3. Kebutuhan akan pendidikan dan pengajaran remedial
Bab 4 Dimensi Teoretis Tentang Pendidikan Remedial
1. Sejarah perkembangan pendidikan dan pengajaran remedial
2. Perubahan konsep pendidikan dan pengajaran remedial
3. Perubahan kurikulum pendidikan dan pengajaran remedial
4. Peranan guru pendidikan remedial
Bab 5 Ciri-ciri Siswa Lamban Belajar
1. Ciri-ciri umum siswa lamban belajar
2. Ciri-ciri siswa lamban belajar dilihat dari sisi perkembangan keterampilan membaca dan menulis
3. Hakikat program pengembangan keterampilan membaca
Bab 6 Keterampilan Berpikir
1. Pengertian keterampilan berpikir
2. Mengajar untuk berpikir, mengajar tentang berfikir dan mengajar mengenai berpikir
3. Kurikulum keterampilan berpikir
4. Apakah cars-cars berpikir manusia berbeda pada setiap situasi?
5. Strategi, metode dan teknik yang dapat dipergunakan dalam mengembangkan dan memperkuat keterampilan berpikir
Bab 7 Terori Kemampuan Belahan Otak Kiri dan Kanan
Bab 8 Penerapan Strategi Kemampuan Belahan Otak dalam Pendidikan Remedial
1. Sistem pengajaran modul dalam IMPACT dan PAMONG
2. Pendekatan sumber
3. Eksperimen pengajaran tepat
Bab 9 Sistem Belajar Integratif
1. Pengertian sistem belajar integratif
2. Konsep belajar integratif
3. Teori intelegensi berganda
4. Integritas
5. Bentuk-bentuk belajar, belajar melalui perumpamaan atau perbandingan dan belajar akselerasi
6. Pemetaan pemikiran
7. Model-model latihan
8. Tiga komponen belajar
9. Lingkaran belajar
10. Pentingnya suasana kondusif di dalam kelas
Bab 10 Lingkungan Belajar Efektif
1. Pengertian lingkungan belajar efektif
2. Mengapa diperlukan lingkungan fisik belajar
3. Bagaimana menciptakan lingkungan fisik belajar
4. Lingkungan social, emosional, dan intelektual belajar
Daftar Pustaka