Judul | : | BUKU PROFESI KEPENDIDIKAN | |
Pengarang | : | Prof. Dr. Sudarwan Danim | |
Penerbit | : | Alfabeta | |
ISBN | : | 978-602-8800-44-0 | |
Edisi/ Cet | : | Cet 3 | |
Tahun Terbit | : | 2012 | |
Bahasa | : | Indonesia | |
Jumlah Halaman | : | x + 238 hlm | |
Kertas Isi | : | HVS | |
Cover | : | Soft | |
Ukuran | : | 16 x 24 cm | |
Berat | : | 450 Gram | |
Kondisi | : | Baru | |
Harga | : | Rp. 55.000 | |
PROFESI KEPENDIDIKAN
Pengarang : Prof. Dr. Sudarwan Danim & Dr. H. Khairil
Penerbit : Alfabeta
Daftar Isi :
BAB I. Esensi dan Ranah Profesi Kependidikan
A. Ranah Profesi Kependidikan
B. Guru dan Tenaga Kependidikan Profesional
C. Profesi dan Prisip-prinsip Profesionalitas
BAB II. Pendekatan Pelembagaan Profesi
A. Pengantar
B. Pendekatan Karakteristik
C. Pendekatan Institusional
D. Pendekatan Legalistik
BAB III. Ranah Pengembangan Keprofesian Guru
A. Pengantar
B. Penyediaan Guru
C. Induksi Guru Pemula
D. Profesionalisasi Guru Berbasis Lembaga
E. Profesionalisasi Guru Berbasis Individu
BAB IV. Pengembangan Profesi dan Karir
A. Alasan Esensial
B. Fokus Pengembangan
C. Kesamaan Hak atas Pengembangan
BAB V. Prinsip dan Jenis Kegiatan Pengembangan
A. Prinsip-prinsip Pengembangan
B. Jenis Jenis Kegiatan Pengembangan
BAB VI. Peran dan Tugas Guru
A. Peran Guru di Sekolah
B. Perluasan Peran Guru
C. ugas Guru
BAB VII. Profesionalisasi Bidang Keadministrasian Pendidikan
A. Esensi Administrasi Pendidikan
B. Administrasi atau Manajemen Pendidikan
C. Dua Pendekatan
BAB VIII. Keprofesian Bidang Kekepalasekolahan
A. Fungsi Kepala Sekolah
B. Kepala Sekolah sebagai Pejabat Formal
C. Kriteria Kepala Sekolah
D. Kompetensi Kepala Sekolah
E. Persyaratan Kepala Sekolah
F. Peningkatan Mutu
G. Dewan Pendidikan clan Komite Sekolah
BAB IX. Keprofesian Bidang Kepengawasan Sekolah
A. Jabatan Supervisor Sekolah
B. Tugas Pokok Pengawas Sekolah
C. Fungsi Pengawas Sekolah
D. Kewenangan Pengawas Sekolah
E. Kompetensi Pengawas Sekolah
F. Kualifikasi Pengawas Sekolah
BAB X. Profesi Supervor dan Supervisi Pembelajaran
A. Definisi Supervisi
B. Supervisi bukan Inspeksi
C. Tujuan Supervisi
D. Fungsi Supervisi clan Supervisor
E. Peranan Supervisor Pembelajaran
F. Tugas Pokok Supervisor Pembelajaran
G. Kelengkapan Administrasi
H. Prinsip Penyusunan Program
I. Prinsip-prinsip Supervisi
J. Tipe-tipe supervise pembelajaran
K. Teknik Supevisi
L. Pendekatan Supervisi Pembelajaran
M. Perangkat Supervisi Pembelajaran
N. Implementasi Teknik Supervisi
BAB XI. Profesi Supervisor Klinis untuk Perbaikan Pembelajaran
A. Supervisi Klinis
B. Definisi Supervisi Klinis
C. Ciri-ciri Supervisi Klinis
D. Karakteristik Supervisi Klinis
E. Urgensi Supervisi Klinis
F. Tujuan Supervise Klinis
G. Prinsip-prinsip Supervisi Klinis
H. Model-model Supervisi Klinis
I. Teknik Komunikasi dalam Supervisi Klinis
J. Komunikasi Klinis
BAB XII. Keprofesian Bidang Bimbingan dan Konseling
A. Urgensi Layanan Guru Bimbingan Konseling
B. Pengawas Bimbingan clan Konseling
C. Penyusunan Program
D. Pelaksanaan Program
E. Pelaporan
F. Bimbingan clan Pelatihan
BAB XIII. Keprofesian Bidang Ketatalaksanaan Pendidikan
A. Esensi Penatalaksanaan Sekolah
B. Fungsi Tatalaksana Sekolah
C. Standar Kompetensi Tatalaksana
D. Mengurusi Ruang
E. Pengalaman Cina
BAB XIV. Tugas Keprofesian untuk Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
A. Pengantar
B. Definisi dan Prinsip
C. Komponen Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan
D. Pengembangan Silabus
E. Unit Waktu dan Pengembangan Silabus
F. Langkah-langkah Pengembangan Silabus
G. Pelaksanaan Penyusunan KTSP
Daftar Pustaka
Tentang Penulis